Rabu, 02 September 2015

Palu Kota 3D



           

           Palu merupakan Ibukota dari Provinsi Sulawesi Tengah. Memang Kota Palu sebagai salaha satu Ibukota provinsi kurang dikenal oleh masyarakat di Indonesia, sebab palu merupakan kota yang masih dalam tahap perkembangan. Hal ini dapat dilihat dari posisi Kota palu yang menduduki peringkat ke empat dalam bursa investasi.
            Kota Palu memiliki kontur geografis yang unik, kota yang terletak dipinggir teluk, dikelilingi oleh bukit dan terdapat sungai yang membelah kota yang ramai ini. Terletak di daerah khatulistiwa menyebabkan cuaca di Kota Palu sangatlah panas.
            Seperti daerah-daerah lain di Indonesia, Kota Plau memiliki cirri khasnya tersendiri. Mulai dari Budaya, didaerah asalku terdapat banyak budaya yang mewarnai kehidupan bermasyarakat, namun yang paling mendominasi adalah Suku Kaili. Yaa benar memang Suku Kaili yang mendominasi sebab suku tersebut adalah suku tertua di daerah Sulawesi Tengah, hal ini dapat dilihat dari penemuan patung zaman megalitikum yang berjumlah banyak di Taman Nasional Lore Lindu atau lebih tepatnya di Lembah Besoa.
             Selain itu, cirri khas budaya di Kota Palu adalah tarian Pamonte. Tarian ini bermaknya akan rasa syukur atas panen yang melimpah, dan bertujuan untuk mengirim doa-doa kepada leluhur mereka. Tentu saja tarian ini selalu diadakan menjelang musim panen hingga musim tersebut berlalju, namun seiring perkembangan zaman tarian ini berfungsi sebagai tarian penyambutan tamu” kehormatan.


Dalam bidang kulinari, Kota Palu tidak kalah dari kota-kota lainnya. Makanan didaerah khatulistiwa ini memiliki beragam jenis hidangan antara lain Kaledo, Uvem Poi, Uta Dada, Ayam Bakar Biromaru, Sayur Kelor. Nah saya akan menjelaskan salah satunya, mungkin yang agaak janggal yah di daerah lain sebab tanaman ini biasa digunakan untuk memandikan jenazah (Daun kelor). Memang jika hanya didengar atau dilihat nafsu makan kalian akan hilang, tapi jangan berhenti dampai disitu, cobalah sesuap dan anda akan ketagihan.
         
             Daerah asalku memiliki banyak tempat wisata. Bagi kalian yang suka traveling, cobalah buat mampir ke kota yang indah ini. Disini kalian dengan mudahnya menemukan lokasi yang asri, sejuk, indah, bahkan tanpa mengeluarkan sedikit uang. Saya akan menjelaskan salah satu tempat wisatanya, yang paling menonjol adalah Pantai karena letak kota Palu merupakan kota teluk pastinya identik akan pantai yang indah. Pantai yang jernih, pasir putih, karang yang indah tambah kalian nda perlu mengeluarkan uang. Pantai yang bisa kalian kuncungi yaitu, p. Tanjung Karang, p. Taipa, p. Bambarano, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar